Ari liket

Ken Koan

Tari saman gayo




Sebenarnaya Tari saman itu hanya satu,yakni tarian duduk yang dimainkan oleh laki-laki yang berasal dari kabupaten gayo lues, provinsi Aceh,indonesia. Namun karena banyaknya oknum-oknum yang mencoba mengambil kesempatan dan mengambil keuntungan demi kelompok tertentu,akhirnya banyak Tarian lain di aceh yang sebelumnya sudah ada namanya seperti tarian dari pesisir RATOH DUK juga akhirnya di sebut SAMAN.
Alangkah sayangnya, kenapa semua Tarian duduk disebut Saman,kenapa banyak tarian-tari ygan di aceh ini harus terkubur hanya karena kita semua menyebutnya Saman??
Kenapa kita tidak kembangkan saja semua tarian di aceh??
Saman sekarang sudah menjadi besar,kenapa tidak  kita besarkan juga tarian-tarian lainnya? Seperti Tarian Ratoh Duk, Tarian Meusekat,Rafai Geleng,Seudati dan lain-lain.
Saman dalam lingkungan masyarakat Gayo Lues adalah Tarian yang kerap dimainkan dalam hari-hari besar. Namun karena perkembangannya, Tari saman saat ini jadi kerap diundang dalam mengisi berbagai kegiatan baik seni,sosial,pendidik,dan lain-lain.
Tari saman hanya dimainkan oleh kamu lelaki, sebab dalam lingkungan masyarakat Gayo lues yang menjadi asal muasal Tarian yang sering dijuluki tarian tangan seribu tersebut, ada kata SUMANG (tidak pantas,tidak wajar, tidak baik) jika dimainkan oleh wanita,sebab tari saman dalah tari dengan tepuk dada.
Sedangakan jika untuk perempuan, di Gayo Lues namanya TARI BINES.
Selain itu, tari saman dalam liriknya adalah lirik yang berbahasa gayo yang berisi tentang nasehat, ungkapan perasaan, motivasi dan lain-lain.
Dalam tari saman, ada namanya PENGANGKAT (yang menyanyikan lirik),PENGAPIT (yang mengatur tempo yang berposisi di antara kanan dan kiri pengangkat), dan PENUPANG (yang mengatur keseimbangan semua penari yang berposisi di paling ujung kanan dan kiri).
Satu lagi yang perlu di catat: “Tari saman tidak pernah dicptakan oleh syeh saman atau siapapun,melainkan diciptakan secara alami oleh Alam Dan Alam tersebut ada di Kabupaten Gayo Lues,”
Jadi, jika ada peryataan kenapa anak-anak Gayo Lues dapat dengan spontan mampu menari Saman???
Jawabannya ada pada alam.
Terimaksi,demoga bermanfaat
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori BERITA dengan judul Tari saman gayo. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://arilike.blogspot.com/2013/06/tari-saman-gayo.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Rabu, 12 Juni 2013

Belum ada komentar untuk "Tari saman gayo"

Posting Komentar